prestasi slide

01
September
2017

Asah Jiwa Sosial Siswa dengan Ibadah Qurban

Laskar Al Maun

PWMU.CO – Jum’at (1/9) pagi ,pelataran Masjid At-Thohir Kedungcangkring, Jabon, Sidoarjo penuh sesak oleh warga. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan Dakwah Terpadu yang diadakan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo (Muh1da) dengan tema Spirit Berbagi Meningkatkan Iman danTaqwa Menuju Islam Berkemajuan.

Antusiasme warga saat mengikuti acara Dakwah Terpadu SD MUH1DA

Dakwah Terpadu merupakan kegiatan sosial yang diadakan SD Muh1da pada setiap Idul Adha. Kegiatan Dakwah Terpadu melibatkan para siswa untuk mengajarkan tentang bagaimana mengaplikasikan Surat Al-Maun. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan masyarakat tentang Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah.

Tahun ini SD Muh1da menyelenggarakan Dakwah Terpadu bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Jabon.

Agenda acara diawali dengan pengenalan Muhammadiyah kepada masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan 1 ekor sapi. Dalam kegiatan ini juga ada bazar buku, pakaian, dan pemberian sembako 100 paket. Hadir dalam acara tersebut Ketua Dikdasmen PDM Sidoarjo, Ikhsan, Ketua PCM Jabon, Hamid, dan tentu saja Kepala SD Muh1da Enik.

Dalam sambutannya, Kepala SD Muh1da Enik menyampaikan, Kegiatan Dakwah Terpadu ini selalu melibatkan Ikatan Wali Murid (IKWAM). Siswa juga dilibatkan dalam acara ini dengan kegiatan menjual buku bacaan dan alat tulis.

“Hal ini bertujuan mempraktikkan Surat Al-Maun yang menjadi semangat Muhammadiyah dan mengasah empati siswa untuk berbagi terhadap sesama dan praktik langsung berjual-beli sebagai wujud nyata program market day dalam kurikulum sekolah,” terangnya.

Para guru juga terlibat secara langsung untuk menyemarakkan kegiatan dakwah terpadu ini. Mereka mendampingi para siswa dengan sabar.

“Semoga kegiatan ini menjadi jalan syiar Persyarikatan, agar Muhammadiyah semakin diterima dan bertumbuh untuk kemaslahatan umat,” harap Enik.

Kepala PCM Jabon, Hamid mengucapkan terima kasih kepada SD Muh1da yang telah bersedia bekerja sama mengadakan kegiatan Dakwah Terpadu. Dia juga mengaku terinspirasi dengan acara Dakwah Terpadu.

“Terima kasih kepada SD Muh1da karena telah bersedia bekerja sama dengan kami. Semoga kami bisa meniru apa yang telah dilakukan SD Muh1da,” tuturnya.

Ketua panitia Dakwah Terpadu, Suhairi, mengaku senang dengan antusiasme masyarakat yang turut serta dalam Dakwah Terpadu. Hal yang sama juga disampaikan bagian publikasi SD Muh1da Khoiron. Dia bahkan terharu dengan animo masyarakat yang hadir.

“Semoga bermanfaat dan semoga sumbangan wali murid dibalas dengan pahala yang lebih banyak,” kata Khoiron.

Ketua IKWAM Muh1da, Aziza, mengaku salut dengan sekolah karena mampu konsisten mengadakan kegiatan Dakwah Terpadu. Menurutnya kegiatan ini sangat penting untuk mengajarkan para siswa tentang spirit berqurban. Sekaligus sebagai ajang silaturrahim sekolah dan wali murid.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kongkrit untuk membangun keharmonisan sekolah dan wali Murid dalam menyebarluaskan kebaikan,” ujarnya. (catur/ilmi)

Categories: Berita Anak-anak

[widgetkit id=4]