Print

Kurikulum

Written by Super User. Posted in Uncategorised

  • Kurikulum yang dipergunakan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo adalah kurikulum Nasional, Kurikulum Al Islam, dan Kurikulum yang dikembangkan. Kurikulum yang dikembangkan oleh SD Muhammadiayah 1 Sidoarjo adalah kurikulum dari Federal Marshall Cavendish Education Singapore bidang Match and Science untuk kelas 3 s/d kelas 5. Tujuan mengembangkan kurikulum ini adalah agar siswa dapat mengenal materi pelajaran dari negara lain. Untuk menunjang pengembangan kurikulum ini digunakan metode pengajaran yang relevan.


    Metode pengajaran SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Jawa Timur menggunakan model:



      • Pembelajaran Siklus (Moving Class)

      • Pembelajaran Aktif (Active Learning)

      • Pemecahan Masalah (Problem Solving)

      • Belajar di Luar Sekolah (Outbound)


    Kurikulum yang diperluas SD Muhammadiyah1 dengan menambah jam pelajaran untuk pelajaran Match and Science dari Federal Marshall Cavendish Education Singapore yang bermanfaat untukpengembangan kurikulum yang berstandar Internasional.

    Kurikulum perpaduan dirancang untukmenciptakan keaktifan siswa dalam semua kegiatan dan memberikan keseimbangan terhadap berbagai aspek pelajaran seperti : Al Islam (ISMUBA), dan Teknologi,Bahasa, Matematika,Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial, Seni, Olah raga serta Musik. Menghadapi kemajuan informasi dan teknologi yang sangat deras, SD Muhammadiyah1 memberikan pelajaran bahasa Inggris mulai kelas 1 dan pelajaran match and Science in English diberikan di kelas 3 dan 4.

    Harapan sekolah setelah anak lulussetidaknya memiliki bekal bahasa dan ketrampilan matematika dan sains sebagaidasar berbahasa Inggris. Dengan memadukan kurikulum ini untuk memperluas wawasan siswa tentang metode active learning (belajar aktif). Dengan metode ini siswa lebih banyak melakukan Penelitian, Observasi, Eksperimen dan Belajar mengambil kesimpulan terhadap apa yang ditemuinya.

    Integrasi kurikulum merupakan hal yangsangat penting di sekolah ini karena membuat siswa belajar secara tuntas,ditunjang dengan pemilihan topik-topik pembelajaran yang dapat menggali kemampuan siswa secara optimal.

    Berdiskusi, mengemukakan pendapat serta mendengar pendapat orang lain merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain serta lingkungan sekitar dapat ditumbuhkan dengan adanya tugas-tugas yang diberikan guru masing-masing. Ketuntasan Kurikulum di sekolah diadakan pengayaan dan remedial disetiap mata pelajaran. Maka terjadi perubahan terhadap jumlah jam pelajaran setiap minggunya. Dengan adanya penambahan jam belajar siswa, maka jam belajar mereka akan lebih lama dibanding sekolah lain. Waktu belajar disekolah sebagai berikut:

  • Jam Belajar Efektif Sekolah


    Kelas 1 : 07.00-10.45 jam efektif sekolah hari Senin-Kamis
    10.50-11.50 jam TPQ
    07.00-09.00 hari Jum’at kegiatan ekskul
    hari Sabtu  Libur

    Kelas 2 : 11.00-15.00 jam efektif sekolah hari Senin-kamis
    09.30-10.30 jam TPQ
    09.00-10.30 hari jumat kegiatan ekskul
    Hari Sabtu Libur

    Kelas 3-6 : 07.00-15.00 jam efektif sekolah hari Senin-Kamis
    07.00-10.15 hari jum’at kegiatan ekskul
    Hari Sabtu Libur


    Materi Pengajaran


    Materi pelajaran di luar negeri lebih difokuskan antara keseimbangan akademik dan sosial emosional anak. Satu halyang tidak dipertimbangkan dan dapatkan adalah pendidikan agama.Di SD Muhammadiyah 1 pendidikan Al-Islam (ISMUBA)/Pendidikan Agama sangat penting karena menjadikan “Ruh” dari setiap materi yang diberikan kepada siswa, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Yaitu meliputi Pendidikan Al Islam dan Akhlaq/Budi Pekerti, Ilmu Sosial, Ilmu Pengetahuan, Bahasa Indonesia, Matematika, Art,Teknologi, Olah Raga dan Musik.


    Desain Kurikulum


    Desain kurikulum integrasi ini menjadi satu area (tematik) yang tidak terpisah. Berikut materi yang diintegrasikan yang diberikan kepada siswa berdasarkan area kurikulum :


    1. Pendidikan ISMUBA (Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab)


    Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa,dan berakhlaq mulia dalam megamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al Quran dan Al Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Dibarengi tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragamadalam masyarakat hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.
    Mata pelajaran Al Islam keseluruhannya terliput dalam lingkup: Al Quran dan Alhadits, Keimanan, Fiqh/Ibadah, dan Sejarah Kebudayaan Islam/Tarekh. Sekaligus menggambarkan bahwa ruang lingkup Al-Islam mencakup perwujudan keserasian,keselarasan dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, diri sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya maupun lingkungannya (hablun minallah wa hablun minannas).

  • 2. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Agama Islam (Al Islam)/ISMUBA


    Al Islam di SD Muhammadiyah 1 berfungsi untuk :

    Penanaman, yaitu menanamkan nilai ajaran Islam kepada peserta didik sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
    Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada AllahSWT. Serta akhlaq mulia seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga.

    Penyesuaian mental, yaitu memberi bekal peserta didik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik dan sosial sesuai dengan ajaran Islam (melalui pendidikan agama Islam).
    Pencegahan, yaitu mencegah dan menangkal untuk peserta didik dari hal-hal negatif dari kepercayaan atau paham dan budaya asing yang dapat membahayakan dan menghambat perkembangan.
    Perbaikan, yaitu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dan kelemahan-kelemahan peserta didik dalam memahami, menghayati dan meyakini, serta mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Perbaikan ini menjadi sangat penting dan harus dianalisa secara sungguh-sungguh basis pengetahuan peserta didik khususnya latar belakang keluarganya.
    Pengajaran, yaitu memberikan ilmu pengetahuan keagamaan secara umum, sistim dan fungsinya.

    Penyaluran, yaitu menyalurkan peserta didik yang memiliki bakat khusus dibidang agama Islam agar dapat berkembang dan bermanfaat secara optimal, sertauntuk mendalami pendidikan agama ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi.


    3. Tujuan


    Al Islam di SD Muhammadiyah 1 bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengalaman serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaaannya kepada AllahSWT. Serta berakhlaq mulia yang dibuktikan dengan gemar membaca al quran,berbudi pekerti luhur terhadap diri sendiri, kedua orang tua, guru, sesama manusia dan makhluk lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, rajin beribadah, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


    4. Ruang Lingkup dan Unsur pokok Al Islam


    4.1. Ruang Lingkup
    Ruang lingkup al Islam meliputi keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara-Hubungan manusia dengan Allah SWT.
    - Hubungan manusia dengan diri sendiri
    - Hubungan manusia dengan sesama manusia, dan
    - Hubungan manusia dengan alam (makhluk selain manusia dan lingkungan.

  • 4.2. Unsur Pokok
    Mata pelajaran al Islam di SD Muhammadiyah 1 terfokus pada aspek :
    - Al Quran dan Al hadits sebagai induk dan sumber ajaran Islam.
    - Keimanan, merupakan aspek pembentukan aqidah yang kokoh dan benar.
    - Ibadah, baik syariah maupun muammalah
    - Akhlaq, hal-hal yang berkaitan dengan perilaku terpuji atau tercela.
    - Sejarah Kebudayaan Islam/Tarikh, memberi bekal semangat juang dalam mengembangkan dan menegakkan agama Islam dengan contoh Rasulullah SWT.


    5. Standar Kompetensi Lintas Kurikulum


    Kompetensi Lintas Kurikulum merupakan kecakapan untuk belajar sepanjang hayatsebagai akumulasi kemampuan setelah peserta didik mempelajari berbagai kompetensi dasar yang dirumuskan setiap mata pelajaran.
    Kompetensi Lintas Kurikulum tersebut dirumuskan menjadi sembilan kompetensi sehingga peserta didik mampu :

    Memiliki keyakinan, mempunyai hak, menjalankan kewajiban dan berperilaku sesuai dengan ajaran Islam, serta menyadari bahwa setiap orang perlu saling menghargai dan merasa aman.
    Menggunakan bahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris) untuk memahami,mengembangkan, dan mengkomunikasikan gagasan dan informasi, serta berinteraksi dengan orang lain.
    Memilih, memadukan, dan menerapkan konsep-konsep dan teknik-teknik numeric dan spasial, serta mampu mencari dan menyusun pola, struktur, dan hubungan.
    memilih, mencari, dan menerapkan teknologi dan informasi yang diperlukan dari berbagai sumber serta menilai kebermanfaaatannya.
    Memahami dan menghargai dunia fisik, makhluk hidup, dan teknologi, danmenggunakan pengetahuan, keterampilan, dan nialai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat. memahami konteks budaya, geografi, dan sejarah, serta memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nialai-nilai untuk berpartisipasi aktif dalam kehidupan, serta berinteraksi dan berkontribusi dalam masyarakat dan budaya global. berpartisipasi dalam kegiatan kreatif di lingkungan untuk saling menghargai karya artisitik, budaya, dan intelektual serta menerapkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi menuju masyarakat beradab.
    Menunjukkan kemampuan berpikir konsekuen, berpikir lateral, berpikir kritis, memperhitungkan peluang dan potensi, serta siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Menunjukkan motivasi dan percaya diri dalam belajar, mampu bekerjamandiri, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.


    6. Standar kompetensi Rumpun Pelajaran


    Standar Kompetensi Bahan kajian Pendidikan Agama:
    Siswa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia (berbudi pekertiluhur) yang tercermin dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agamanya, serta mampu menghormati agama lain dalam kerangka kerukunan antar umat beragama.

  • 7. Standar Kompetensi Bahan Kajian Al Islam


    Dengan landasan al Quran dan al Sunnah nabi Muhammad Saw; siswa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT; berakhlak mulia (berbudi pekerti luhur) yang tercermin dalam perilaku sehari-hari dalam hubungannya dengan Allah, dirisendiri, sesama manusia, dan alam sekitar; mampu membaca dan memahami al Quran; beribadah dan bermuammalah dengan baik dan benar; serta mampu menjaga kerukunan intern sekolah, intern sekolah dan antar umat beragama.


    8.Standart Kompetensi Mata Pelajaran


    Kompetensi dasar mata pelajaran berisi sekumpulan kemampuan minimal yang harusdikuasai siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Kemampuan iniberorientasi pada perilaku afektif dan psikomotorik dengan dukungan pengetahuankognitif dalam rangka memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.Kemampuan-kemampuan yang tercantum dalam komponen kemampuan Dasar ini merupakan penjabaran dan kemampuan dasar umum yang harus dicapai di sekolah Dasar Muhammadiyah 1.

kolom ikwam

Semenit SajaBetapa lamanya melayani Allah SWT selama lima belas menit.

read more

Polling Muhasabah

Apakah yang kamu tahu tentang MuhidaApps 2?

 

Majalah Muhida #8

Cover story edisi ini: Jalan Terjal Kurikulum 2013.

Muhida #8

Juni 2013
now available